PARTNER

Pentingnya membayar pajak STNK kendaraan

biro jasa STNK, Murah, Cepat, Memuaskan. Jasa Pengurusan SIM dan STNK, Bea Balik Nama, Mutasi Kendaraan, Paspor, SIUP, KIR, Duplikasi BPKB untuk wilayah Bandung dan sekitarnya
Mega Biro Jasa merupakan salah satu biro jasa STNK yang ada di bandung yang melayani perpanjangan STNK Kendaraan STNK menurut definisi arti bebas Wikipedia adalah Bukti pendaftaran/pengesahan kendaraan bermotor yang berdasarkan Identitas (KTP untuk perorangan, atau SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan untuk Perusahaan) dan kepemilikannya telah didaftar oleh pejabat terkait.STNK bisa kita peroleh di kantor Samsat yaitu tempat yang melayani penerbitan/pengesahan STNK. 


Samsat dikelola oleh tiga instansi pemerintah daerah yaitu Polri, Dinas Pendapatan Daerah, dan PT Jasa Raharja. Orang yang memiliki STNK berarti dia memiliki secara sah kendaraan tersebut secara de jure (secara hokum) meskipun secara de facto (faktanya ) bisa jadi tidak lagi menjadi miliknya, bisa jadi karena di hibahkan maupun transaksi jual beli namun belum dilakukan Balik Nama. Sehingga masih atas nama pemilik sebelumnya

Untuk itulah betapa pentingnya biro jasa STNK karena ada manfaat bagi kedua belah pihak yaitu bagi pemilik kendaraan, dan bagi pemerintah.
Manfaat STNK bagi pemilik kendaraan adalah sebagai sarana pemenuhan kewajiban warga negara yang taat hukum karena di negara kita mewajibkan setiap pemilik kendaraan untuk membayar pajak kendaraannya setiap 1 tahun, dan setiap 5 tahun membayar Pengesahan plat nomor.
Sedangkan kalo dilihat dari sisi pemerintah selaku pemegang kebijakan, pajak STNK merupakan salah satu dari sekian banyak sumber pendapatan daerah atau dikenal dengan nama pendapatan asli daerah (PAD).  Selain itu juga digunakan untuk alat pengawasan jumlah kendaraan yang ada di wilayah provinsi masing-masing. Dengan data yang dimiliki oleh samsat, seorang pimpinan daerah (dalam hal ini walikota atau bupati), akan mengetahui berapa jumlah kendaraan yang terdaftar di wilayahnya, dan berapa potensi pajak yang bisa diperoleh setiap tahunnya. Sehingga data yang dimiliki tersebut akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah).
Pajak STNK merupakan salah satu dari sumber pendapatan yang sangat potensial dan mempunyai peranan yang signifikan dalam memenuhi sumber penerimaan di daerah. Kontribusi penerimaan ini akan berbeda di masing-masing daerah.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Hubungi
Irfan Bambang Saputra
0819 1007 1133
0896 77 301 311

email : irfan.bambang@gmail.com
facebook fanpage :
Mega Biro Jasa Bandung

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pentingnya membayar pajak STNK kendaraan"

Post a Comment